curug ciangin subang
Jawa Barat, Tempat Wisata

Curug Ciangin Subang

Curug Ciangin Subang saat ini merupakan salah satu obyek wisata alam yang menjadi buruan wisatawan. Wisata alam ini menarik untuk dijadikan sebagai destinasi liburan.

curug ciangin subang
Sumber foto: instagram.com/adityapratama33

Dari sekian banyak destinasi wisata, Curug Ciangin menjadi salah satu yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan alamnya benar-benar memanjakan mata, serta suasana alam yang masih sangat natural membuat pikiran menjadi lebih tenang dan fresh.

Wisata alam yang bernama Curug Ciangin Muara Jambu ini juga terkenal sebagai tempat untuk camping bagi para pecinta alam dan traveller. Selain camping, juga menjadi tempat favorit untuk hiking daan acara perkemahaan. Jadi banyak kegiatan yang dapat dilakukan di tempat wisata ini.

Pesona keindahan air terjun Ciangin ini benar-benar luar biasa. Air terjun mengalir deras terbagi  melalui dua lantas yang berbeda, yaitu dasar atas dan bawah. Masing-masing mengalir ke dasar dan meluber hingga membentuk sebuah danau kecil dengan kedalaman mencapai 5 meter, ini tampak sangat mempesona. Kini air terjun ini sedang hits di kalangan wisatawan dan mayarakat Jawa Barat. Tak hanya itu, wisata alam ini juga cukup viral di media sosial. Sehingga wajar bila tempat wisata ini menjadi buruan.

Kegiata camping di area yang tak jauh dari air terjun tentu sangat asyik. Suara air terjun yang terus mengalir terdegar dan menjadi kesan tersendiri. Hawa sejuk udara di kawasan wisata ini juga sangat terasa, menyegarkan dan bikin betah berlama-lama. Bila kamu sehari-hari sibuk bekerja ataupun melakukan kegiatan di kota, maka sesekali pada hari libur untuk menyempatkan diri mengunjungi wisata alam yang cakep ini, pasti sangat menyenangkan.

seru-seruan di curug ciangin subang
Sumber foto: instagram.com/sulasmi_nartadiyana

Menikmati masa liburan di Curug Ciangin Subang bersama keluarga, sahabat, maupun kekasih tentu menjadi pilihan yang tepat. Sangat menarik pastinya bisa seru-seruan bareng merasakan sensasi alami berada di wisata alam yang jauh dari bisingnya kendaraan, polusi udara, kondisi panas perkotaan, dan lain-lain.

Sejarah Curug Ciangin Subang

Air terjun Ciangin ini mengalir dari ketinggian mencapai 4 meter hingga dasar atas, dan berlanjut ke dasar bawah mencapai 7 meter. Pertama kali curug ini ditemukan tepatnya pada tahun 2015. Disebut “Curug Ciangin” karena guyuran airnya dari atas tebing yang terkena hembusan angin menjadi berjatuhan dan meluas. Wisata ini dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 2015. Pihak pemerintah Desa Cibeusi telah memberikan izin dan peraturan pengelolaan wisata ini. Hingga saat ini curug ini semakin populer dan menjadi tempat berlibur favorit bagi warga Subang dan sekitarnya.

keindahan curug ciangin subang
Sumber foto: instagram.com/nabilabd_lc

Saat treking menuju ke lokasi, kamu dapat menyaksikan banyak suguhan alam yang bagus dan memanjakan mata, mulai dari pemandangan sawah, sungai, pohon-pohon, hutan, dan lain-lain yang memiliki kesan alami. Kondisi alam seperti ini jarang bisa ditemui di kawasan kota, jadi ini bisa menjadi momen dan pengalaman yang berkesan buatmu.

Fasilitas Curug Ciangin Subang

Wisata alam ini tergolong baru, sehingga wajar bila fasilitas yang tersedia masih belum begitu mumpuni. Misalnya seperti toilet dan Musholla masih belum ada. Hanya ada warung-warung makan yang berada di kawasan yang dekat dengan lokasi wisata. Di warung tersebut kamu bisa membeli nasi liwet plus lauk, pasti mengenyangkan.

camping di wisata curug ciangin muara jambu subang
Sumber foto: instagram.com/mhmmdkevins_

Adapun fasilitas lain yang tersedia untuk dinikmati keseruannya, misalnya seperti; camping ground, outbond, kolam renang, dan lain-lain. Mengadakan acara outbond dan perkemahan di tempat ini pasti menjadi pilihan yang menarik. Serta menikmati sensasi berenang di kolam dengan suasana yang sejuk juga menjadi pilihan yang asyik tentunya.

Lokasi dan Rute Curug Ciangin Subang

Air terjun ini berada di area yang dikelilingi persawahaan. Lokasi tepatnya di Desa Cibeusi. Adapun alamat detailnya di bawah ini.

Alamat: Kampung Meglasari, Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Map Online: Google Map

Dari Kabupaten Subang ke lokasi berjarak 60 Km, atau membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Agak jauh memang, tetapi tak sedikit yang berpetualang ke wisata Curug Ciangin ini, bahkan ada yang datang dari luar Subang.

Rute dari Kota Bandung

Buat kamu yang datang dari Kota Bandung, maka kita akan beri tahu rutenya. Menuju ke Desa Cibeusi bisa dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Tetapi bila sudah mau sampai di lokasi wisata, maka kendaraanmu harus dititipkan di pemukiman penduduk. Sudah banyak rumah yang meneripa penitipan kendaraan.

Lokasi wisata air terjun ini cukup dekat dengan wisata Pemandian Air Panas Ciater. Sudah banyak orang yang mengetahui wisata pemandian tersebut. Dan perjalanan dari Kota Bandung cukup mudah, akses jalannya juga bagus.

Rute perjalanan dari Kota Bandung langsung mengarah ke Ciater dengan melewati Lembang, kemudian melewati Jalan Raya Tangkuban Perahu. Setelah tiba di Ciater, berlanjut menuju ke Cibeusi.

Harga Tiket Masuk Curug Ciangin Subang

Buat kamu yang sekedar ingin masuk dan berlibur, hanya dikenai biaya tiket sebesar Rp 15.000. Jika ingin bermalam, maka biayanya Rp 20.000, camping Rp 30.000. Sedangkan untuk menikmati fasilitas kolam renang membayar lagi Rp 10.000. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Khusus buat komunitas maupun rombongan, sebelum datang ke tempat wisata ini sebaiknya reservasi terlebih dahulu dengan menghubungi pihak pengelola.

Sekian informasi mengenai Curug Ciangin Subang yang bisa kita share untuk kalian yang membutuhkan referensinya. Jadikan liburanmu menjadi lebih berkesan dan menyenangkan dengan mengunjungi wisata alam ini.